Jumat, 04 Mei 2012

Iklan Ramen Jiyeon T-ara Picu Kontroversi


Di drama Korea, sering muncul adegan makan ramen instan. Biasanya ramen itu dimakan langsung dari panci tempat memasaknya. Mereka juga biasanya menggunakan tutup panci sebagai piring. Namun ternyata cara makan seperti itu dianggap tak sopan di Jepang.

Salah satu personil girlband T-ara, Jiyeon, menuai kontroversi karena iklan Nongshim ramen yang baru saja dibintanginya. T-ara menjadi bintang iklan Nongshim sejak tahun lalu. Beberapa waktu lalu Nongshim kembali merilis iklan yang menunjukkan personil T-ara memperkenalkan rasa baru di situs Jepang mereka.

Di iklan tersebut, Jiyeon memilih makan mie ramen dalam sebuah panci besar supaya lebih nikmat. Bagi warga Korea, itu merupakan hal lumrah di sana. Namun iklan tersebut justru mengundang protes dari warga Jepang karena makan dengan cara seperti itu termasuk tidak sopan dan kasar.

Perbedaan budaya membuat iklan ini diprotes keras warga Jepang. Kemarahan netter Jepang pun bisa dilihat di kolom komentar situs Nongshim. "Kurang sopan," komentar seorang netter.

Sementara ada beberapa netter yang berusaha membela iklan tersebut. "Aku melihat cara makan seperti ini di serial Korea. Jadi mereka juga makan seperti itu di kehidupan nyata," bela seorang netter.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar