Selasa, 11 Maret 2014

Istilah Bahasa Inggris Ini Gaul Banget di Dunia K-Pop


Industri musik K-Pop adalah salah satu dunia entertainment yang paling dinamis di dunia. Dengan ciri khas idol grup, membuat musik K-Pop memiliki tempat tersendiri di kalangan fans. Tak hanya itu, beberapa idol Hallyu dianggap memiliki style tersendiri yang membuat mereka sangat dikenal oleh fans.

Ada beberapa istilah bahasa Inggris yang rupanya begitu melekat dalam industri musik K-Pop. Berikut istilah-istilah tersebut seperti dilansir allkpop.com.


1. VISUAL


Visual pada dasarnya berarti penampilan. Seseorang yang visualnya baik, kerap memiliki penampilan menarik. Namun dalam K-Pop, visual terutama dalam kaitannya dalam idol grup berarti adalah seseorang yang menjadi 'wajah' dari grup itu. Seorang visual di grup adalah mereka yang paling menarik dan menjadi pusat perhatian di grup.

Tidak harus cantik atau tampan, namun mereka yang paling penuh kharisma dan pesona serta paling banyak dan paling mudah memperoleh fans. Beberapa nama visual terkenal di musik Hallyu adalah Siwon 'Super Junior', Yoona 'SNSD', dan si imut Na Eun 'A Pink'.


2. BIAS


Hmm,, apa kamu pernah mendengar kata Bias terucap dari fans K-pop?? Tentu sering. Lantas apa yang disebut dengan bias?? Bias sendiri adalah personil paling favorit dalam sebuah grup dan kerap kali seseorang ada yang setia pada satu bias namun juga bisa memiliki banyak sekali bias di banyak idol grup K-Pop.


3. STAN


'Stan' bukanlah sekedar kata dalam musik K-Pop. Kata 'Stan' kerap dipakai dalam dunia Hallyu untuk menggambarkan betapa dedikasinya seorang fans terhadap sebuah idol grup, seorang idol K-Pop atau bahkan sebuah agensi. Seperti YG Stan atau JYJ Stan. Dalam dunia per-fans-an K-Pop dikenal sebuah level istilah dari seorang fans menjadi Stan dan akhirnya menjadi Sasaeng fans.

Untuk Sasaeng, kerap kali memiliki konotasi negatif karena mereka menjadi penggemar yang tidak bertanggung jawab dan sering melakukan hal gila demi memiliki atau bertemu idola.


4. COMEBACK


Seperti arti 'comeback' itu sendiri yang berarti datang kembali maka dalam dunia K-Pop, comeback adalah istilah lazim untuk seorang idol Hallyu atau sekelompok idol grup kembali ke industri musik Korea dengan album baru atau lagu baru.

Mereka yang comeback berarti akan bisa menyapa fans lagi di atas panggung program musik. Dua comeback besar di bulan Maret 2014 ini adalah antara dua grup wanita papan atas K-Pop yaitu Girls' Generation dan 2NE1.


5. NG


Kata 'NG' kerap kali kamu dengar dalam program-program TV di Korea. NG sendiri berarti No Good atau tidak baik yang berasal dari sesuatu yang tidak usah diucapkan/diperlihatkan/dijelaskan. Jika ada sesuatu yang kamu beritahukan kepada orang lain dan orang itu tidak suka maka dia akan biang 'NGNGNGNGNGNG'. Sungguh lucu bukan budaya Hallyu ini??


6. MENBOONG


Kata MENBOONG jika dijelaskan satu-persatu adalah Men untuk 'mental' dan Boong dari bahasa Korea 'Boongwe' yang berarti kehancuran keseluruhan mental. Mungkin terdengar berlebihan jika MENBOONG adalah 'gangguan mental'. Namun hal ini kerap disebutkan jika seseorang merasa panik berlebihan atau depresi, 'Ah, sepertinya aku merasa Menboong!'.


7. MOLCA


MOLCA terdiri dari Mol (diucapkan seperti Mohl) yang merupakan kependekan dari Mollae yang merupakan bahasa Korea dengan arti melakukan sesuatu secara diam-diam dan Ca merupakan kependekan dari Camera. Jadi Molca adalah kamera tersembunyi menurut istilah publik Korea yang kerap dipakai sebagai kejutan untuk mengusili seseorang agar menangis terutama saat ulang tahun.


8. FANCAM


Fancam adalah sebuah istilah yang merujuk pada rekaman video yang diambil oleh fans ketika idola mereka sedang tampil dalam sebuah program TV. Lazimnya dalam sebuah konser K-Pop, pasti para fans membawa gadget perekam mereka seperti smartphone dan merekam penampilan sang idola. Meskipun begitu mulai banyak event show K-Pop yang melarang fans merekam tapi masih juga bisa dilakukan diam-diam oleh mereka.


9. SNS


SNS merupakan singkatan dari Social Networking Services atau kamu mengetahuinya sebagai jejaring sosial yang memang istilah SNS merujuk pada akun jejaring sosial selebritis. Jadi ketika ada sebuah berita yang berujar 'dilansir dari SNS bla bla bla', maka itu berarti mereka mengambil informasi entah dari akun Twitter, Instagram, Facebook, Weibo, atau masih banyak lainnya.


10. CF


CF juga merupakan singkatan yang merupakan kependekan dari Commercial Film dan kerap dijadikan istilah dari iklan TV. Jika seorang idol K-Pop sedang melakukan sesi syuting atau sesi foto CF maka itu adalah untuk keperluan iklan. Dua idol K-Pop yang sangat populer kerap tampil di CF banyak produk adalah Lee Seung Gi dan Suzy 'Miss A'.


11. MR REMOVED


MR REMOVED adalah sebuah istilah yang erat kaitannya dengan penampilan idol K-Pop. MR sendiri adalah kependekan dari Music Record. Yang berarti jika ada sebuah klip MR REMOVED, maka itu berarti klip tersebut sudah dihilangkan seluruh musik latar belakangnya termasuk suara backing vokal sang idol atau suara tambahan dan irama lagu.

Sehingga dengan MR REMOVED kamu bisa mendengarkan langsung suara idol kamu dan mengetahui apakah dia bisa bernyanyi dengan baik. Salah satu yang cukup mempesona dalam MR REMOVED mereka adalah idol grup SISTAR dengan sang leader sekaligus vokalis utama Hyorin yang sangat luar biasa.


12. NETIZEN


Netizen bisa berarti publik di internet alias pada dasarnya orang-orang di internet. Bahkan kerap kali di industri musik K-Pop, para netizen adalah sekelompok orang yang sangat teliti dan bisa mencari kebenaran dari sebuah kasus. Netizen bisa membongkar masa lalu sang idol entah baik atau buruk dan bisa saja merugikan atau mungkin menguntungkan sang idol K-Pop.


13. EYE SMILE


Eye Smile sangatlah manis. Beberapa orang di industri entertainment Hallyu ada yang jika tersenyum atau tertawa akan membentuk ekspresi (^^) sempurna. Dengan kedua mata mereka sangat mirip karakter anime. Saat mereka tersenyum, tampak mata itu menghilang dan sangatlah cute. Salah satu yang terkenal dengan eye smile mereka adalah si cantik Tiffany 'SNSD'.


14. CHOCOLATE ABS


Yap,, ini adalah istilah untuk para pria K-Pop. Pada dasarnya chocolate abs adalah sebuah istilah yang ditujukan untuk para pria K-Pop dengan bentuk perut dengan otot yang seksi, bugar, dan memiliki six packs super seksi. Saking seksinya, six packs itu memiliki bentuk kotak-kotak yang amat sangat mirip dengan sebatang coklat dengan bagian kotak-kotak dan cukup bisa membuat banyak gadis histeris.


15. BAGEL GIRL


Bagel adalah kependekan dari Babyface-Glamour. Yang berarti seorang gadis K-Pop yang mendapatkan julukan Bagel Girl, adalah mereka yang memiliki bentuk tubuh sangat seksi, montok, berisi namun wajah mereka sangatlah cute. Tentu saja gadis-gadis yang mendapatkan julukan Bagel Girl sangat membuat para pria tergila-gila. Bayangkan saja mereka memiliki wajah imut menggemaskan namun tubuh sangat seksi,, yah,, seperti Hyosung 'SECRET'.


16. S-LINE


Pada dasarnya S-Line ditujukan untuk para wanita K-Pop, atau mungkin wanita pada umumnya. Hanya saja istilah ini dipakai dalam dunia Hallyu maka itu berarti untuk idol K-Pop wanita yang memiliki bentuk tubuh melengkung bak huruf S yang sempurna. Lihat saja Uee 'After School' ini,, S-Line-nya tampak jelas bukan??


17. ALL-KILL


All-Kill adalah sebuah istilah yang tentu kerap kamu dengar terutama dalam chart musik K-Pop. Memang, All-Kill ditujukan pada sebuah lagu yang berhasil ada di posisi puncak dari keseluruhan chart musik K-Pop yang utama sekaligus di saat bersamaan dan kerap terjadi ketika seorang idol K-Pop baru saja merilis lagu mereka.

Lagu yang berhasil meraih status All-Kill, berarti lagu itu sangat disambut baik dan apresiasinya luar biasa. Seperti lagu baru 2NE1 'Come Back Home' yang bertahan cukup lama dalam status All-Kill beberapa waktu lalu.


18. HEALING


Baiklah,, mungkin saat pertama kamu mendengar istilah 'Healing' terdengar cukup aneh. Beberapa idol K-Pop kerap kali menggunakan kata 'Healing, Healing' atau 'Aku ingin melakukan healing'. Yang tahukah kamu kalau itu berarti adalah mereka ingin pergi ke spa?? Memang terdengar aneh, namun tetap saja lucu. Jadi mungkin sekarang kamu bisa meniru istilahnya saat akan diajak ke spa oleh teman-temanmu.


19. SELCA


Ketika publik Amerika lebih familiar dengan kata Selfie, di Korea sudah memakai istilah Selca untuk bertahun-tahun lamanya. Selca sendiri kependekan dari Self dan Camera. Yang berarti jika kamu memfoto dirimu sendiri. Dengan memakai perangkat smartphone, kamu bisa mengambil ekspresi wajahmu sendiri.


20. HWAITING


Ini adalah istilah bahasa Inggris yang sangat sering dipakai dalam dunia Hallyu. Ini bukanlah sebuah kalimat menantang namun sebuah sorakan mendukung atau menghibur seseorang. Jika temanmu sedang berjuang untuk ujian atau kekasihmu mencoba hal baru yang sulit dalam pekerjaannya, kamu bisa bilang 'Fighting!' Meskipun orang-orang Korea kerap menyebutkan sesuai dengan pengucapan Korea mereka menjadi 'Hwaiting!' Jangan lupa kepalkan tanganmu seakan memberi semangat yang luar biasa. Lucu kan??


Cr : KapanLagi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar