Senin, 17 Desember 2012

10 Pendatang Baru K-Pop Ter-Hot 2012


Sepanjang 2012 lebih dari 80 penyanyi baik solo maupun pendatang baru turut meramaikan panggung musik K-Pop. Beberapa di antaranya bisa mencuri hati fans namun sebagian juga tidak terlalu menonjol. Ini dia 10 pendatang baru ter-hot 2012!!


1. SPICA


SPICA awalnya jadi pusat perhatian karena debut dari agensi Lee Hyori dengan lagu 'Potently'. Girlband dengan 5 personil itu kemudian merilis 'Russian Roulette', 'Painkiller', 'I'll Be There', dan 'Lonely'.


2. 15&


15& (dibaca : fifteen and) adalah duo pemenang 'KPop Star', Park Jimin, dan genius R&B girl di 'Star King', Baek Yerin. Keduanya debut dengan 'I Dream' dan langsung menduduki posisi 6 tangga lagu Gaon dan posisi 11 Billboard KPop Hot 100.

Nama unik mereka diambil karena saat debut keduanya berusia 15 tahun. Park Jimin memilih JYP Entertainment usai lulus dari 'KPop Star' sementara Baek Yerin sudah menjadi trainee di agensi itu sejak usianya 11 tahun.


3. Baek Ah Yeon


Satu lagi jebolan 'KPop Star' yang juga debut tahun ini yaitu Baek Ah Yeon. Perempuan kelahiran 11 Maret 1993 itu debut dengan lagu yang diciptakan oleh Jun.K (2PM) yang berjudul 'Always'.


4. Ailee


Penyanyi solo di Korea jumlahnya lebih sedikit daripada grup. Ailee menjadi salah satunya. Debut pada 8 Februari 2012 dengan 'Heaven', Ailee menjadi pusat perhatian setelah tampil di drama 'Dream High 2'. Tak hanya itu, Ailee juga memamerkan suara tingginya di program 'Immortal Song 2'.

Sebelum debut di Korea, Ailee yang lahir di Colorado dan besar di New Jersey itu adalah penyanyi YouTube di channel aileemusic. Dia juga sempat punya agensi di Amerika yang bernama Muzo Entertainment.


5. BTOB


BTOB atau Born To Beat debut pada 23 Maret 2012 dengan 'Insane' dan 'Imagine'. Dengan konsep yang tidak jauh berbeda dengan Beast, BTOB bisa tampil powerful baik untuk lagu yang nge-beat atau pun lagu ballad.


6. JJ Project


JJ Project adalah duo grup dari JB (Im Jaebum) dan Jr (Park Jin Young). Debut di bawah JYP Entertainment, JJ Project tampil pertama kali dengan 'Bounce' di Mnet 'M! Countdown'. Single debut mereka 'Bounce' mengingatkan pada lagu debut 2PM '10 Point Out Of 10'.

Video klip lagu yang sama juga sangat populer di YouTube. Video itu ditonton lebih dari 1 juta kali hanya dalam 2 hari. Kini video itu sudah ditonton 5,7 juta kali dan disukai oleh lebih dari 76 ribu pengguna YouTube.


7. B.A.P


B.A.P (Best Absolute Perfect) debut dengan 'Warrior' pada 26 Januari 2012. Video klipnya menampilkan keenam personil B.A.P dengan vokal dan dance yang powerful. Selain eksis di dunia musik, B.A.P juga tampil di layar kaca lewat reality show SBS MTV 'Ta-Da, It's B.A.P'.

Selain 'Warrior', di tahun debut ini mereka merilis 'Power', 'No Mercy', 'Crash', dan 'Stop It'. gaya bermusik B.A.P banyak terpengaruh oleh musik hip hop. Jajaran musisi yang mereka idolakan pun seputar 50 Cent, P. Diddy, Pharell, dan beberapa rapper lokal seperti Supreme Team atau Dynamic Duo.


8. Lunafly


Yang satu ini bisa menjadi alternatif di antara para boyband yang seragam menyanyi sambil menari. Sam (komposer/gitaris), Yun (gitaris), dan Teo (drummer/pianis) tergabung dalam Lunafly. Trio ini menyanyi, bermain musik, dan menciptakan lagu mereka sendiri.

Berkonsep akustik, Lunafly menghibur dengan single mereka seperti 'Clear Day Cloudy Day', 'How Nice Would It Be', dan 'Super Hero'. Lunafly baru debut pada September 2012 lalu.


9. EXO


Grup besutan SM Entertainment ini yang paling ditunggu sejak Desember 2011. Lewat total 23 teaser video, mereka berhasil mencuri hati fans dan langsung punya fanbase dengan jumlah anggota yang tidak sedikit.

Terbagi atas EXO-K (Korea) dan EXO-M (China), EXO merilis prologue single 'What is Love' pada Januari, dilanjutkan dengan 'History' pada Maret dan 'MAMA' pada bulan April. EXO pun berhasil meraih Best New Asian Artist Group di ajang '2012 Mnet Asia Music Awards'. Tak hanya itu, EXO-M juga sukses mendapat Most Popular Group of The Year di '5th Mengnie Music Billboard Awards' sementara EXO-K mendapat Rookie Singer Awards di '19th Korean Entertainment Art Awards'.


10. Lee Hi


Lee Hi debut dengan '1, 2, 3, 4' yang langsung melejit dan duduk di posisi pertama setiap minggu sepanjang bulan November. Lee Hi juga kini berada di posisi satu di situs musik seperti Melon, Naver, Dosirak, dan Mnet. Dia pun membuktikan dirinya sebagai pendatang baru terkuat tahun ini.

Tak hanya itu, Lee Hi juga berhasil meraih Triple Crown atau menang tiga minggu berturut-turut di program musik televisi 'M! Countdown'. Dia juga berada di posisi 1 Melon selama 25 hari berturut-turut. Selain '1, 2, 3, 4', Lee Hi juga sukses dengan single barunya 'Scarecrow'. Lagu ciptaan Park Jin Young itu kini masih betah berada di posisi 10 besar tangga lagu di Korea.


Cr : DetikHot


Tidak ada komentar:

Posting Komentar