Senin, 29 Juli 2013

'XOXO', Comeback EXO yang Bocor Sana-sini


Lama ditunggu kehadirannya, album perdana EXO 'XOXO (Kiss & Hug) memang terbilang sangat sukses. Tidak hanya penjualan album fisiknya yang menembus angka total 370 ribu kopi, penjualan online dari album tersebut juga sangat baik.

Kesuksesan 'XOXO' tentu tak lepas dari promosi yang dilakukan SM Entertainment untuk EXO. Hanya saja, sebelum resmi dirilis, berbagai kebocoran sempat terjadi. Entah apakah ini merupakan ketidaksengajaan ataukah metode promosi ala SM Entertainment, tidak ada yang bisa memastikan.

Sejak isu akan comeback di awal 2013 silam, beberapa hal soal 'XOXO' sempat bocor di internet. Apa saja??


1. Versi Demo 'Wolf'


Akhir Februari lalu, versi demo dari lagu 'Wolf' tanpa sengaja tersebar di berbagai forum dan media sosial di internet. Awalnya hanya potongan-potongan lagu terpisah dengan durasi 10 sampai 15 detik yang dapat ditemukan namun tidak lama kemudian versi full demo lagu berdurasi tiga setengah menit juga bocor.

Versi demo lagu 'Wolf' terdengar seperti rekaman karaoke para personil EXO. Sepertinya sebelum dilakukan mastering serta editing, lagu tersebut bocor dan tersebar luas.

Meskipun awalnya fans menganggap lagu tersebut sangat aneh, ketika versi resminya dirilis, lagu 'Wolf' diakui para penggemar menjadi sangat adiktif.


2. Lagu 3.6.5


Tidak lama setelah versi demo 'Wolf' bocor di internet, sebuah lagu berjudul '3.6.5' juga ikut-ikutan tersebar luas bahkan sebelum SM Entertainment resmi mengumumkan rencana comeback EXO.

Lagu yang mirip dengan hits One Direction 'What Makes You Beautiful' tersebut cukup menarik perhatian karena terdengar sangat berbeda dengan lagu-lagu yang ada di mini album 'MAMA'. Berbeda dengan 'Wolf' versi demo, lagu '3.6.5' tidak mengalami perubahan dengan versi resminya.


3. Latihan Dance 'Wolf'


Manajemen resmi mengumumkan comeback EXO sekitar minggu kedua bulan Mei dengan merilis beberapa teaser foto berkonsep buku tahunan. Dijadwalkan kembali ke panggung pada 31 Mei, tiga hari sebelumnya video latihan dance 'Wolf' justru bocor.

Idealnya fans akan dapat menikmati lagu tersebut secara penuh lewat video musik yang akan dirilis pada 31 Mei. Namun karena video latihan dance yang bocor itu, fans bisa lebih dulu mendengarkan track 'Wolf' sebelum video musiknya diunggah ke YouTube.


4. Album 'XOXO' Versi 'Kiss'


SM Entertainment mungkin bisa memblok semua video versi dance 'Wolf' yang diunggah ulang fans ke YouTube, namun tidak berselang lama 12 track dalam album 'XOXO' justru ikut bocor di situs media sosial Tumblr. Total 12 lagu versi Korea di album 'XOXO' secara gratis bisa diunduh dan dinikmati para fans.

Salah satu komposer lagu dalam album tersebut, Ryan Jhun, sempat mengancam akan melaporkan semua pihak yang menyebarluaskan lagu tersebut secara ilegal. Dia menulis di akun Twitternya, "No more illegal downloads. Please I will report it to FBI and service department for all links. I know where so stop that".


5. Latihan Dance 'Growl'


Anehnya, setelah berbagai kebocoran yang terjadi selama periode Februari sampai Mei lalu, SM Entertainment seakan tidak belajar dari kesalahan mereka. Mengenai kebocoran sebelumnya, para fans mengklaim seorang staf kehilangan USB berisi data-data penting untuk comeback EXO dengan 'XOXO (Kiss & Hug)'.

Pertanyaan besar kemudian muncul, sesering apakah para staff mengalami kehilangan benda kecil berisi data penting tersebut??

Video latihan dance lagu 'Growl' bocor satu hari setelah teaser videonya dirilis. Lewat video tersebut keseluruhan lagu 'Growl' yang rencananya baru akan ditampilkan EXO di acara musik pada 1 Agustus terungkap.

Berkaitan dengan lima kasus kebocoran ini, SM Entertainment tidak memberikan sedikitpun komentar ataupun klarifikasi dan tindakan menangkap oknum yang menyebarluaskan secara ilegal lagu-lagu dan video tersebut. Kasus kebocoran ini pun lambat laun hilang terbawa angin seiring versi legal dari lagu dan video di album 'XOXO' dirilis.


Cr : DetikHot


Tidak ada komentar:

Posting Komentar