Jumat, 01 Juni 2012

Tren Personil dari Luar Negeri Dalam Girlband K-Pop


Beberapa waktu lalu, fans K-Pop ramai membicarakan tren personil girlband yang berasal dari luar negeri. Berasal dari luar negeri di sini bukan berarti mereka seorang bule, tapi mereka adalah orang Korea yang tumbuh besar dan tinggal di luar negeri.

Seperti yang dilansir Kpopfever, ada beberapa girlband yang memiliki personil dari luar negeri. Kehadiran mereka mendatangkan keuntungan tersendiri bagi grup masing-masing. Salah satunya adalah kemampuan berbicara bahasa Inggris dengan fasih.

Pasalnya, bahasa selalu menjadi kendala utama ketika sebuah girlband hendak debut di luar negeri. Oleh karena itu, memiliki personil dari luar negeri pun memiliki nilai lebih bagi girlband tersebut. Berikut ini beberapa girlband populer yang mempunyai personil dari luar negeri :


1. Girls' Generation/SNSD (Jessica dan Tiffany)


Di dalam tubuh Girs' Generation/SNSD ada Jessica dan Tiffany yang berasal dari luar negeri. Keduanya sama-sama lahir dan tumbuh besar di San Fransisco, California, Amerika.

Benefit yang dirasakan SM Entertainment dengan kehadiran mereka adalah saat Girls' Generation/SNSD debut di luar negeri. Saat sibuk kegiatan promo di luar negeri, maka Jessica dan Tiffany-lah yang sering menjadi juru bicara grupnya.


2. Wonder Girls (Yoobin dan Hyelim)


Yoobin lahir di Gwangju, Korea Selatan tahun 1988. Saat masih duduk di bangku SMP keluarganya pindah ke San Jose, California. Di sana dia melanjutkan sekolahnya di SMA Leland.

Selain Yoobin, personil lain yang mahir berbahasa Inggris adalah Hyelim. Bedanya, sebelum bergabung dengan Wonder Girls Hyelim lebih banyak aktif di China. Hyelim menguasai tiga bahasa : Korea, Mandarin, dan Inggris.


3. KARA (Nicole dan Han Seung Yeon)



Jung Nicole dan Hang Seung Yeon adalah dua personil KARA yang pernah tinggal di luar negeri. Nicole lahir tahun 1991 di Los Angeles, California. Walau orang tuanya warga Korea, tapi Nicole menghabiskan masa kecilnya di California. Dia bersekolah di SD Mark Keppel dan SMP Toll di Glendale.

Sedangkan Han Seung Yeon lahir di Seoul. Keluarganya baru pindah ke Amerika saat dia masih duduk di bangku SMA.


4. 2NE1 (Minzy dan Sandara)


Minzy dan Sandara Park murni warga Korea Selatan, tapi mereka pernah hidup di luar Korea. Minzy ditemukan oleh YG Entertainment karena bakat menarinya. Sedangkan Sandara dikenal sebagai "BoA-nya Filipina". Sebelum bergabung dengan 2NE1, Sandara merintis karir sebagai artis di Filipina.

Dua personil lainnya, CL dan Park Bom sebenarnya juga pernah tinggal sebentar di Amerika. CL bahkan fasih berbahasa Inggris, Perancis, dan Jepang karena ayahnya seorang profesor. Saat promo di luar negeri, CL selalu mewakili 2NE1 berbahasa Inggris.


5. f(x) (Krystal, Amber, dan Victoria)


Krystal Jung dan Amber Liu lahir di luar negeri. Krystal lahir tahun 1994 di San Fransisco, California, sedangkan Amber di Los Angeles. Dia terpilih sebagai personil f(x) setelah menang audisi global SM di Los Angeles tahun 2008.

Selain Krystal dan Amber, Victoria juga merupakan personil f(x) yang berasal dari luar, yaitu China. Dengan demikian, jika digabungkan maka personil f(x) mampu berbahasa Korea, Inggris, Mandarin, dan Kanton.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar