Jumat, 31 Mei 2013

SM Rugi Besar, Sementara YG Raup Untung di Semester Pertama 2013


Memasuki 6 bulan pertama dalam tahun ini, perusahaan besar mulai mempublikasikan laporan keuangan mereka. Tiga agensi terbesar di Korea yaitu SM, YG, dan JYP juga mengumumkan pendapatannya di semester pertama 2013. Dan ternyata YG lah yang paling banyak meraup untung.

YG Entertainment mencatat lonjakan keuntungan di semester pertama dengan total USD 5,6 juta (sekitar Rp 54,8 milyar). Pencapaian ini naik 44,3 persen dari periode yang sama tahun lalu. YG mengaku ramainya tawaran aktivitas di luar negeri untuk para artisnya berpengaruh besar pada pendapatan tahun ini.

"Kegiatan artis kami di luar negeri yang semakin banyak ditunjang royalti dan penjualan yang terus meningkat. Keuntungan dari tur dunia Big Bang dan 2NE1 juga dimasukkan dalam pendapatan semester ini," ucap jubir YG.

Sedangkan SM Entertainment menghadapi kerugian besar hanya dengan meraup untung USD 1,8 juta (sekitar Rp 17,6 milyar). Angka tersebut turun 72 persen dibanding periode sama tahun lalu karena juga berinvestasi di SM C&C. Namun berbeda dengan YG, keuntungan berbagai konser di kuartal pertama tahun ini tidak ikut dihitung.

"Konser besar yang diadakan selama ini akan dimasukkan perhitungan kuartal kedua, seperti tur Jepang Girls' Generation, tur dome Jepang TVXQ, dan konser SM Town. EXO juga akan aktif promosi di Korea dan China. Berbagai promosi di musim semi akan menandai awal baru juga," ucap jubir SM.

Sementara itu JYP Entertainment berhasil menaikkan bisnisnya dari kegagalan periode tahun lalu. JYP berhasil menurunkan kerugian sebesar 63,3 persen dengan jumlah USD 830 ribu (sekitar Rp 8 milyar). Penjualan mereka juga naik 57 persen menjadi USD 2,5 juta (sekitar Rp 24,5 milyar).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar