Jumat, 07 Juni 2013

5 Musik Video Versi Drama Idola K-Pop yang Banyak Ditonton


Debut dan comeback idola K-Pop terasa kurang lengkap jika tidak merilis video musik. Video musik merupakan elemen pendukung yang wajib ada setiap kali K-Pop menyapa penggemar lewat album baru.

Kita mengenal beberapa tipe video musik, misalnya video musik versi dance, versi drama, gabungan antara keduanya, atau justru bukan keduanya (biasanya video musik yang hanya menampilkan penyanyi melakukan lipsync sambil berdiri atau duduk di tempat tertentu). Terkadang seorang fans fanatik K-Pop dapat membedakan dengan jelas ciri khas masing-masing video musik dari tiap-tiap manajemen.

SM Entertainment misalnya terbiasa membuat video musik versi dance dengan hanya mengubah latar belakang set beberapa kali dan menambahkan shot close-up masing-masing personil artisnya. Namun SM bukan tidak pernah juga membuat video musik versi drama.

Berbeda dengan Core Contents Media yang lebih variatif dalam memproduksi video musik artis-artisnya. Banyak dari video musik Core Contents Media bertemakan drama yang menyajikan shot-shot menarik.

Berikut 5 musik video versi drama idola K-Pop yang banyak ditonton :


1. T-ara - 'Day by Day' dan 'Sexy Love'


'Day by Day' adalah video musik yang dibuat Core Contents Media (CCM) sebagai video promosi mini album keenam T-ara. Video musik 'Day by Day' dikemas dalam format film pendek dengan alur menegangkan. Hyomin, Jiyeon, dan calon personil baru T-ara, Dani, kebagian peran dalam video musik ini.

Video musik 'Day by Day' mengambil setting kehancuran dunia di masa depan. Diceritakan bahwa nantinya manusia di dunia akan semakin egois dan saling memperbudak. Sampai suatu hari di antara mereka ternyata ada seorang gadis buta dengan kekuatan telekinesis luar biasa yang akan menjadi orang terkuat di dunia.

Dani berperan sebagai gadis buta sementara Hyomin berperan sebagai kakak Dani yang selalu melindunginya. Jiyeon mendapatkan peran antagonis dalam video yang berdurasi hampir 16 menit ini. Jiyeon menjadi pemimpin kelompok yang mencari-cari Dani untuk memperkuat posisinya di dunia.


Kisah perjalanan Hyomin, Dani, dan Jiyeon kemudian berlanjut ke bagian kedua dari video musik 'Day by Day', yaitu 'Sexy Love'. Cerita di video musik ini menitikberatkan pada karakter Dani dewasa yang diperankan oleh Eunjung. Selain Eunjung, video musik 'Sexy Love' juga menampilkan Soyeon.

Jika digabungkan kedua video musik ini berhasil memperoleh 8,2 juta hits di Youtube. Sutradara kawakan Cha Eun Taek terbukti berhasil menyulap personil T-ara dari girlgroup yang cantik dan lincah di atas panggung menjadi karakter di film fiksi ilmiah.


2. BoA - 'Only One'


Metaoloz Creative Group Co., ltd yang diketuai oleh Kwon Soon Wook, kakak laki-laki dari BoA, diberi tanggung jawab untuk membuat video musik 'Only One'. Lagu yang ada di album Korea ke-7 BoA ini memiliki dua versi video musik yaitu versi drama dan versi dance.

Dalam video musik 'Only One' versi drama, BoA beradu akting dengan aktor Yoo Ah In, yang sebelumnya pernah menjadi lawan main Park Min Young dalam drama 'Sungkyunkwan Scandal' dan Yuri (SNSD) dalam drama 'Fashion King'.

Video musik ini menceritakan kisah BoA yang sedang galau tentang hubungan percintaannya dengan Yoo Ah In. Dikisahkan BoA dan Yoo Ah In bertemu untuk pertama kalinya setelah sekian lama berpisah. Pertemuan pertama di sebuah kafe tersebut diselimuti atmosfer kecanggungan yang kental. Baik BoA dan Yoo Ah In terlihat sangat pas memerankan karakter mereka dalam video musik tersebut.

Dibandingkan dengan versi dance-nya yang memperoleh 14.066.142 klik, 'Only One' versi drama hanya berhasil menarik minat perhatian Jumping BoA sebanyak 2.257.847 kali.


3. TVXQ - 'Before U Go'


Hits single 'Before U Go' adalah lagu yang dirilis untuk promosi album repackaged TVXQ 'Keep Your Head Down' pada 14 Maret 2011. Video musiknya sendiri resmi dirilis melalui akun Youtube SM Entertainment 7 hari setelahnya.

Video musik 'Before U Go' dapat dikatakan sebagai terobosan yang dilakukan SM saat itu setelah sekian lama tidak memproduksi video musik bertemakan drama. Disutradarai oleh Cho Soo Hyun, 'Before U Go' berhasil menyuguhkan drama dengan efek ledakan senjata yang fantastis.

Changmin dan Yunho beradu akting dengan aktris Go Ara dan aktor Choi Jong Yoon yang masih berada di bawah manajemen SM Entertainment Content & Culture (SM C&C). Video musik ini bercerita tentang konflik persahabatan antara Changmin, Yunho, Ara, dan Jong Yoon dimana akhirnya Jong Yoon memilih untuk mengkhianati persahabatannya demi menyelamatkan nyawa adik perempuannya.

Mengambil setting sebuah 'National Intelligense Service', video musik 'Before U Go' diwarnai dengan adegan berkelahi dan tembak-tembakan. Bekerja sama dengan Lee Dong Jun yang sudah berpengalaman menangani drama aksi 'Iris', video musik itu menyuguhkan efek suara yang mengagumkan di setiap adegannya.

Video musik kedua TVXQ untuk album 'Keep Your Head Down' itu ditonton sebanyak lebih dari 1,6 juta kali di Youtube. Sampai saat ini SM Entertainment belum pernah lagi membuat video musik berdurasi panjang serupa dengan video musik tersebut.


4. IU - 'Every End of the Day'


IU merilis single 'Every End of the Day' pada 11 Mei 2012. Lagu ini merupakan lagu andalan di album yang berisi 3 lagu bertajuk 'Spring of a Twenty Years Old'. Album ini dapat dikatakan persembahan khusus IU kepada para penggemarnya di hari ulang tahun ke 20-nya yang jatuh pada 16 Mei tahun yang sama.

Single 'Every End of the Day' langsung merajai berbagai macam chart di situs musik Korea seperti Mnet, Melon, dan Olleh. Sementara untuk chart 'Billboard Kpops Hot 100' lagu ini menempati posisi pertama setelah satu minggu dari tanggal perilisan.

Video musik lagu 'Every End of the Day' dibuat dalam bentuk drama dokumenter yang berisi video wawancara IU serta visualisasi perjalanan IU dari Korea ke Venice, Italia.

Diceritakan IU tiba di Venice terlebih dahulu ketimbang timnya dan dia memanfaatkan waktu luangnya di sana untuk menciptakan lagu 'Peach' yang juga termasuk dalam album ini serta berkeliling kota. IU sempat tertidur dalam perjalanannya di sebuah kapal kecil dan bermimpi bertemu dengan seorang laki-laki yang disukainya. Dalam video musik ini juga, IU menceritakan pengalamannya ketika melakukan pemotretan untuk promo konser 'Real Fantasy'.

Video musik berdurasi 26 menit itu berhasil mendapat perhatian sebanyak 1,4 juta kali di akun resmi Youtube Loen Entertainment.


5. SPEED - 'It's Over' dan 'That's My Fault'


Mungkin belum banyak orang yang mengenal SPEED, boyband di bawah manajemen yang sama dengan T-ara, Core Contents Media. Nama SPEED memang belum melambung tinggi di Indonesia, tetapi grup yang digawangi oleh Taewon (leader), Jungwoo, Sungmin, Jongkook, Sejoon, Yoohwan, dan Taeha ini pernah memperoleh gelar 'Rookie of the Month' dengan lagu 'It's Over' versi 'Cyworld Digital Music Awards Korea' pada Januari lalu.

'That's My Fault' dan 'It's Over' adalah dua video musik versi drama yang dirilis di awal tahun 2013. Sama halnya dengan 'Day by Day' dan 'Sexy Love' milik T-ara, kedua video musik SPEED ini dibuat berkaitan satu sama lain. Mengambil setting Korea Selatan pada Mei 1980, SPEED sukses menyelipkan peristiwa 'Gwangju Massacre' lengkap dengan adegan tembak-tembakan dan berkelahi dengan aparat keamanan Korea masa itu.

Video musik SPEED ini dibintangi oleh aktris Park Bo Young, Na Eun (A Pink), aktor Ji Chang Wook, dan Ha Seok Jin. Kedua video musik SPEED ini hanya berhasil meraih 587.399 penonton di Youtube.


Nah.. Kalian lebih suka video musik versi drama atau versi dance??


Cr : DetikHot


Tidak ada komentar:

Posting Komentar