Selasa, 11 Juni 2013

5 Hits-Maker SM Entertainment Ini Bukan Orang Korea


Harus diakui sangat sulit untuk menolak pesona artis-artis SM Entertainment. Tidak hanya dari paras mereka yang cantik dan tampan, lagu-lagu yang mereka bawakan kerap kali menjadi trend di kalangan pecinta K-Pop.

Banyak dari lagu-lagu yang dinyanyikan SNSD, Super Junior, SHINee, f(x), bahkan EXO ternyata bukan diciptakan oleh orang Korea melainkan Amerika dan Eropa. Ini dia 5 Hits-Maker non-Korea yang lagu-lagunya dinyanyikan oleh artis SM dan meledak di pasaran :


1. 12One Entertainment


12One Entertainment adalah manajemen yang cukup berprestasi dengan para komposer dan produser berbakat. Diketuai oleh Paul Kennedy, 12One Entertainment cukup lama bekerja sama dengan SM Entertainment dalam menciptakan lagu untuk para artisnya.

Will Simms merupakan salah satu komposer dari perusahaan yang berlokasi di Inggris ini. Will Simms adalah pencipta hits SNSD 'I Got A Boy' dan hits terbaru EXO yang baru dirilis 'Wolf'. Kedua lagu andalan masing-masing grup ini dikerjakannya bersama dengan tim Dsign Music.

Selain SNSD dan EXO, Will Simms juga pernah menciptakan lagu 'Ready or Not' dan 'WOWOWOW' milik SHINee yang ada di album 'Lucifer'.


2. Dsign Music


Dsign Music sudah cukup lama bekerja sama dengan SM Entertainment dan menjadi salah satu langganan SM dalam menciptakan lagu hits untuk para artisnya. Nama-nama seperti Anne Judith Wik dan Nermin Harambasic adalah beberapa nama di balik Dsign Music yang cukup sering masuk dalam daftar credit di album-album milik BoA, SNSD, SHINee, dan EXO.

Tim dari Dsign Music tercatat pernah menciptakan lagu-lagu hits seperti 'Hurricane Venus' dan 'Copy & Paste' milik BoA; 'Tell Me Your Wish', 'Girls & Peace', 'Flower Power', dan 'I Got A Boy' (diciptakan bersama Will Simms) milik SNSD; 'Break Down' milik Super Junior-M; 'Hitchhiking' milik SHINee dalam album 'Misconceptions of You'; dan 'Wolf' milik EXO yang juga diciptakan bersama Will Simms.


3. Joombas Music Group


Jika mendengar lagu 'Dream Girl' yang pertama kali terbayang tentu saja SHINee. Siapa sangka lagu yang ada di album ketiga SHINee ini ternyata diciptakan oleh komposer muda asal Amerika, Ross Lara. Ross Lara merupakan bagian dari Joombas Music Group yang diketuai oleh Hyuk Shin.

Selain track 'Dream Girl', Joombas Music Group juga menciptakan lagu 'Black Pearl' di album EXO 'XOXO (Kiss & Hug)' dan track yang pernah menjadi musik pengiring video teaser comeback SNSD 'Romantic St.' yang ada di album 'I Got A Boy'.

Di luar SM, karya-karya Joombas Music Group juga dinyanyikan oleh artis K-Pop lainnya seperti Teen Top 'Supa Luv', VIXX 'Light Me Up', dan hits terbaru 100% 'Want U Back'.


4. Future President


Nama Future President di negara asalnya, Belanda, cukup terkenal dengan menciptakan banyak lagu untuk penyanyi lokal negara tersebut. Untuk K-Pop sendiri, hits pertama yang diciptakan oleh Future President adalah 'Electric Shock' yang dinyanyikan oleh f(x).

'Electric Shock' diciptakan oleh tiga komposer Future President yaitu William Laseroms, Joachim Vermeulen Windsant, dan Maarten Ten Hove. Judul asli track ini adalah 'Elektrik Lightz' yang kemudian diganti menjadi 'Electric Shock' setelah dibeli SM Entertainment. Hits yang dinyanyikan grup K-Pop lainnya dari Future President adalah 'Rum Bum Bum' oleh grup My Name.


5. GL Music


Kita selama ini mengenal Super Junior dengan sangat baik terlebih mungkin hapal lagu-lagu yang mereka nyanyikan. Salah satu lagu hits milik Super Junior, 'Sexy, Free & Single' ternyata diciptakan oleh tiga komposer berkebangsaan Denmark dari GL Music : Daniel 'Obi' Klein, Thomas Sardorf, dan Lasse Lindorff.

GL Music yang dibentuk pada tahun 2006 ini cukup sering bekerja sama dengan penyanyi-penyanyi dunia lainnya seperti Nelly Furtado, Lee Ryan, dan Daniel Bedingfield.

Salah satu pencipta 'Sexy, Free & Single', Lasse Lindorff, saat ini bergabung dengan 12One Entertainment di bawah nama 'Spectrum'.


Cr : DetikHot


Tidak ada komentar:

Posting Komentar