Senin, 06 Agustus 2012

Kolaborasi Artis K-Pop Sesama Manajemen


Minggu ini, manajemen Loen Entertainment - melalui label Loen Tree - merilis album kolaborasi berjudul 'Summer Story' yang melibatkan artis yang mereka naungi seperti IU, Sunny Hill, Zia, girlband baru Fiesta, dan Ga In 'Brown Eyed Girls' (kontrak karier solonya di bawah Loen).

Kehadiran Loen Tree menambah panjang daftar label kolaborasi artis sesama manajemen. Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama-nama berikut ini :


YG Family


Di tahun 1999, YG Entertainment (YGE) merilis single kolaborasi 'Famillenium'. Kolaborasi ini melibatkan artis YGE yang aktif saat itu, seperti 1TYM, Perry, Jinusean, dan juga CEO YGE sendiri, Yang Hyun Suk (memakai alias Yang Goon, disingkat YG).

Kolaborasi YG Family baru terjadi lagi di tahun 2002 (menampilkan personil Big Bang, G-Dragon, saat masih menjadi peserta training) sebelum vakum hingga tahun 2008. Kini YG Family yang terdiri dari Big Bang, 2NE1, PSY, Tablo, Se7en, Gummy, dan grup yang baru dikontrak, Epik High, lebih banyak melakukan konser dan tur. Terakhir kali tahun lalu di Olympic Gymnastics Arena, Seoul.


JYP Nation


Artis manajemen JYP Entertainment (JYPE) merilis album kolaborasi 'This Christmas' di tahun 2010 dengan nama JYP Nation. Tetapi JYP Nation sebenarnya sudah aktif melakukan tur sejak tahun 2008. Sejak tahun 2011, tur JYP Nation juga meliputi Jepang yang tahun ini akan berlangsung dua hari pada bulan Agustus.

JYP Nation terdiri dari sang CEO merangkap produser J.Y. Park (JYP), Wonder Girls, 2PM, 2AM, miss A, San-E, Joo, dan boyband baru JJ Project.


SMTown


Di bawah nama SMTown, artis SM Entertainment (SME) merilis album hampir setiap liburan musim panas dan musim dingin sejak 'Christmas in SMTown' di tahun 1999.

SMTown mulai menggelar tur di tahun 2002 dan menjadi rutin tiap tahun sejak 2007. Tur yang kini juga dipentaskan di Amerika Serikat ini diisi oleh artis seperti BoA, TVXQ, Super Junior, SNSD, f(x), SHINee, Kangta, TRAX, dan EXO. Dengan roster artis besar yang begitu banyak, tiap konser SMTown dapat berdurasi hingga 5 jam lebih.

SMTown juga membuat sebuah film dokumenter berjudul 'I AM', yang memaparkan kisah para artis SME sejak audisi, masa training, hingga mencapai popularitas.


United Cube


United Cube sebenarnya nama tur internasional Cube Entertainment di tahun 2011. Sedangkan sebutan artisnya adalah Cube Family. Tur United Cube dilaksanakan di Korea Selatan, Jepang, Inggris, hingga Brasil, dan merupakan kelanjutan dari rilisnya album kolaborasi berjudul sama.

United Cube terdiri dari B2ST, 4minute, G.NA, A Pink, Huh Gak, dan Mario.


Starship Planet


Starship Planet baru merilis satu single berjudul 'Pink Romance' akhir tahun lalu. Kini keluarga Starship Planet yang terdiri dari Sistar, K.Will, dan Boyfriend telah menambah anggota dengan bergabungnya jebolan K-Pop Star, Kim Na Yoon.


Happy Pledis


Happy Pledis mulai berkolaborasi di tahun 2010 dengan single 'Love Love Love'. Gabungan artis Pledis Entertainment ini kembali membuat proyek Happy Pledis dengan single 'Love Letter' di tahun 2011. Dalam single itu, terlibat peserta training yang kelak menjadi personil Nu'Est (masih bernama Pledis Boys) dan Hello Venus.

Sayangnya Happy Pledis belum pernah melakukan konser ataupun tur. Tentu akan menarik menyaksikan artis Pledis Entertainment seperti After School, Son Dambi, Orange Caramel (sub-unit After School), Nu'Est, Hello Venus, dan Park Kahi pentas dalam satu panggung.


Beberapa manajemen lain sebenarnya memiliki roster artis yang akan menarik jika berkolaborasi, seperti DSP Media (KARA, Rainbow, A-Jax, dan Puretty), Star Empire (Jewelry, ZE:A, dan Nine Muse), TS Entertainment (Secret dan B.A.P), dan Core Content Media (Coed School - terdiri dari boyband Speed dan girlband 5Dolls, T-ara, dan Davichi).

Siapa tahu saja mereka akan mengikuti langkah Loen Tree membuat kolaborasi seluruh artis dalam manajemennya.

Nah, dari kolaborasi di atas mana yang merupakan kolaborasi favorit Anda??


*cr: yahoo omg*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar