Kamis, 30 Agustus 2012

8 Selebriti Yang Diberi Label “Anti-Jepang” Karena Peran Mereka Pada Pulau Dokdo


Dokdo (Takeshima dalam bahasa Jepang) adalah sekumpulan kecil pulau berbatu yang terletak di antara Korea Selatan dan Jepang. Meskipun Korea Selatan telah mengerahkan anggota Penjaga Pantai-nya ke pulau tersebut di tahun 1952, dan sekarang pelepasan kantor polisi nasional, tenaga administrasi, dan staf mercusuar ke pulau tersebut, Jepang terus mengklaim kedaulatan atas Dokdo.

Belum lama ini subjek sengketa wilayah antara dua negara ini, dan komentar resmi apapun mengenai pulau ini dari Jepang ataupun Korea Selatan akan dengan mudah meningkatkan ketegangan di seluruh kawasan. Namun beberapa selebriti top Korea baru-baru ini bangkit berdiri untuk negara mereka terkait masalah Dokdo, menyuarakan opini mereka pada topik yang sangat sensitif.

Dengan melakukan itu, mereka menaruh resiko pada popularitas mereka di Jepang, yang merupakan salah satu pasar K-Pop terbesar di dunia. Faktanya, pers lokal Jepang bahkan melabeli bintang-bintang ini sebagai 'Anti Jepang' dan beberapa bahkan telah dilarang memasuki negara ini.

Berikut 8 selebriti yang diberi label 'Anti Jepang' :

1. Siwon (Super Junior)


Akhir minggu lalu Siwon me-tweet, "Dokdo adalah tanah kami". Disusul kemudian dengan dirinya yang me-retweet pesan Blue House pada tanggal 10 Agustus yang mengatakan, "Dokdo adalah wilayah kami yang sebenarnya dan itu adalah tempat bernilai yang harus dilindungi dengan kehidupan kami. Mari lindungi dengan rasa bangga - di Dokdo".


2. Song Il Guk


Song Il Guk berenang sampai ke Dokdo pada tanggal 15 Agustus, Hari Kemerdekaan Korea, sebagai cara untuk menunjukkan dukungannya untuk kedaulatan Korea Selatan atas Dokdo. Dramanya di Jepang langsung ditunda dan pemerintah Jepang melarangnya memasuki negara tersebut.


3. SNSD


SNSD menyanyikan 'Dokdo adalah Tanah Kami', lagu populer Korea dengan lirik yang mengatakan bahwa Dokdo adalah wilayah Korea Selatan, ketika latihan 'Dream Concert' di tahun 2008 silam.


4. Kim Tae Hee


Kim Tae Hee ditunjuk sebagai duta humas resmi untuk 'Dokdo Loving Campaign' di tahun 2005. Dia bahkan tampil di acara resmi dengan mengenakan kaos bertuliskan 'Dokdo adalah Tanah Kami'.


5. Beast


Beast dilaporkan telah mengatakan 'Dokdo adalah wilayah Korea' ketika berada di sebuah acara di Los Angeles tahun 2010 lalu. Mereka diberi label sebagai salah satu 10 besar 'Selebriti Korea yang Anti Jepang' oleh media Jepang.


6. Kim Jang Hoon


Kim Jang Hoon juga berenang menyeberangi Laut Timur untuk sampai di Dokdo pada tanggal 15 Agustus. Dia pelaku utama di balik semua iklan 'Dokdo adalah wilayah Korea' yang ditampilkan di Times Square.


7. Song Joong Ki


Song Joong Ki dilaporkan pernah mengatakan pada server Jepang ketika dia berada di Jepang bahwa Dokdo adalah wilayah Korea, dan bahwa Kimchi dibaca 'Kimchi' bukan 'Kimuchi' (cara Jepang membacanya).


8. U-Kiss


Di tahun 2011 U-Kiss rupanya meninggalkan pesan di Twitter, mengklaim Dokdo sebagai wilayah Korea Selatan.


Cr : Koreanindo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar