Minggu, 12 Agustus 2012

SNSD Girlband Paling Populer di Kalangan Remaja Korea Utara


Dengan menyebarnya wabah K-Pop ke pasar internasional, hal ini tak lepas dari pengaruh para artis-artisnya juga. Tingginya popularitas K-Pop ternyata juga menjangkiti negara tetangga Korea Selatan yaitu Korea Utara.

Menurut laporan berita radio Korea Utara, SNSD menjadi salah satu artis Korea Selatan yang paling populer dan berpengaruh untuk remaja Korea Utara.

Pada 10 Agustus lalu, acara radio itu membandingkan girlband lokal mereka yang diduga mirip dengan SNSD, The Moranbong Band. Menurut acara itu, grup ini masih harus melewati jalan yang panjang untuk menyamai kesuksesan SNSD.

Seakan menyamakan diri seperti SNSD, para personil grup The Moranbong Band ini juga sering tampil dengan mengenakan rok mini yang memperlihatkan kaki jenjang mereka

Kepopuleran dan pengaruh SNSD di kalangan remaja Korea Utara terlihat dari banyaknya pelajar dari Universitas Kim Il Sung dan Institut Pendidikan Kim Hyung Jik yang tahu nama-nama para personil SNSD. Bahkan beberapa dari pelajar menggunakan nama para personil SNSD sebagai nama mereka.

Di Pyongyang, remaja banyak membawa USB yang berisi lagu idola dan MV artis-artis Korea Selatan. Saat ulang tahun atau pertemuan besar, mereka sering menggunakannya. Karena itu USB menjadi item yang paling laris di Pyongyang.

Penampilan The Moranbong Band terakhir kali diketahui pada 27 Juli lalu di sebuah acara TV Korea Utara. Namun hal itu tetap tidak mengurangi tingginya popularitas SNSD di sana.

Hingga dua tahun terakhir lalu, lagu Na Hoon Ah, Tae Jin Ah, dan Joo Hyun sangat populer di Korea Utara, tapi akhir-akhir ini lagu SNSD, 2PM, dan TVXQ yang menjadi tren. Walau lagunya sulit dinyanyikan dan mereka tidak tahu arti di balik lirik lagunya, para remaja tetap senang meniru gerakan tariannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar