Rabu, 17 April 2013

5 Alasan Idola K-pop Menjomblo


Tak seperti idola Barat yang mudah berganti-ganti pasangan, para idola K-Pop banyak yang tidak memiliki pasangan atau kekasih, bahkan untuk sekedar berkencan pun mereka sulit. Apa saja alasannya??


1. Larangan Berkencan


Beberapa manajemen artis K-Pop memberlakukan larangan berkencan, terutama bagi siswa pelatihan dan artis yang baru debut agar mereka fokus memulai karier. Larangan ini sangat ketat sampai-sampai penggunaan ponsel pun dibatasi.

Jika tiba waktunya, larangan berkencan dapat dicabut, tergantung kebijakan masing-masing manajemen. YG Entertainment mencabut larangan berkencan dua personil 2NE1 tahun lalu setelah tiga tahun, sementara para personil U-Kiss akhirnya boleh berkencan setelah empat tahun debut. Namun sebelum hari itu tiba, idola K-Pop harus rela menjomblo.


2. Menghindari Amarah Penggemar


Di bulan Oktober 2010, Jonghyun (SHINee) dan aktris Shin Se Kyung meresmikan hubungan asmara mereka. Namun di balik kebahagiaan itu, keduanya dihujani kecaman terutama dari penggemar SHINee. Begitu kerasnya kecaman itu, sampai-sampai Shin Se Kyung menutup blog pribadinya di Cyworld. Forum penggemar (fan cafe) Jonghyun juga ditutup penggemar.

Hubungan asmara Jonghyun dan Shin Se Kyung juga berdampak pada berkurangnya anggota klub penggemar SHINee. Jika resikonya sampai seperti itu, tidak heran jika banyak idola K-Pop (dengan sukarela atau diperingatkan manajemen) menahan diri untuk berkencan.


3. Tidak Mahir Bersiasat


Idola K-Pop yang tidak terkena larangan berkencan tentu boleh saja memiliki kekasih. Namun agar penggemar tidak marah dan menghindari endusan media, mereka harus mahir bersiasat dan sembunyi-sembunyi. Belum lagi ditambah akan membuat manajemen kena getah mengurusi skandal jika ketahuan seperti Rain dan Kim Tae Hee.

Soal bersiasat, Shindong (Super Junior) dapat dijadikan contoh. Dalam tayangan 'Beatles Code' pada Mei tahun lalu, Shindong bercerita bahwa dia dapat leluasa berkencan di tempat umum karena kekasihnya selalu membawakan tas miliknya agar tampak seperti penata gaya. Tidak ada yang curiga dengan penata gaya gadungan itu selama tiga tahun. Cerdik ya??


4. Takut Membuka Status Hubungan


Mungkin saja idola K-Pop mengaku jomblo, tetapi diam-diam memiliki kekasih. Mereka merahasiakan status hubungan karena penuh resiko jika terungkap. Se7en yang baru saja merayakan 10 tahun hubungannya dengan Park Han Byul pun baru berani membuka status hubungan asmaranya di tahun 2009 lalu.

Saat itu mereka sudah pacaran diam-diam selama enam tahun. Dan benar saja, pengakuan itu berakibat 100 ribu orang meninggalkan klub penggemar, debut internasional yang tidak sukses, dan lantas memaksanya hiatus dari dunia hiburan selama hampir empat tahun.

Ini berbeda dengan pasangan Goo Hara (KARA) dan Junghyun (Beast) yang tidak masalah membuka status jalinan asmaranya kepada publik sejak dimulai bulan Juni 2011 hingga resmi putus bulan lalu. Tentu ini ada syaratnya, yaitu penggemar dengan sikap dewasa seperti yang mereka miliki.


5. Terlalu Fokus Pada Karier


Larangan berkencan sudah dicabut, penggemar pun dapat menerima idolanya berkencan. Tetapi mengapa sang idola masih tetap jomblo??

"Kami menahan diri berkencan untuk mendisiplinkan diri kami sendiri," kata Sandara Park (2NE1) kepada Sprot Chosun tahun lalu. Sandara Park yang sudah bebas berkencan sejak Juli 2012 memang kemudian malah sibuk fokus pada tur dunia 2NE1 'New Evolution'.

Tidak jarang juga fokus karier ini membuat para idola K-Pop yang sudah berkencan kemudian putus lantaran jarang bertemu. Jika seperti ini, mau tidak mau dengan sabar idola K-Pop menjalani kesendirian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar