Kamis, 09 Februari 2012

Beast, Boyband Serba Bisa yang Luar Biasa di Balik Julukan 'Grup Daur Ulang'


Beast atau B2ST adalah boyband berbakat yang digawangi 6 orang pria. Yoon Doo Joon, Jang Hyun Seung, Yong Jun Hyung, Yang Yo Seob, Lee Gi Kwang, dan Son Dong Woon bergabung di bawah naungan Cube Entertainment dan debut pada 16 Oktober 2009 lalu dengan mini album 'Beast is the B2ST'.

Tiga bulan setelah debut, Beast meraih penghargaan pertama mereka dari Kementerian Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan sebagai 'Rookie of The Year'. 

Nama Beast diambil dari komentar tak sengaja yang diberi oleh seorang instruktur dance asing yang melihat mereka berlatih. "Sebelum kami debut, seorang instruktur dance asing datang berkunjung dan melihat kami sedang menari. Saat itu ia langsung berkomentar 'So~ Beast!'. Itu berarti 'keren' atau 'luar biasa'," ujar Yoseob dalam sebuah wawancara dengan KBS 'Entertainment Relay'.

Nama yang berarti 'luar biasa' tersebut sepertinya memang cocok. Sejak awal debut, Beast tak henti-hentinya mendapat penghargaan. Terakhir mereka meraih 3 penghargaan di Grammy Awards versi Korea '26th Golden Disk Awards'.


Beast akhirnya merilis studio album pertama mereka 'Fiction and Fact' pada 17 Mei 2011 lalu. Dengan title track 'Fiction', mereka terus-menerus mendapat posisi pertama di program musik televisi.

Yang unik, di tangga lagu situs penjualan ada satu lagu lagi di album tersebut yang melejit di luar dugaan. 'On Rainy Days' yang notabene bukan title track sangat populer dan mendominasi tangga lagu.

Lagu bertempo lambat yang jauh berbeda dengan title track 'Fiction' itu bahkan menduduki posisi pertama dalam KBS 'Music Bank' pada Mei 2011. 'On Rainy Days' juga berkali masuk dalam daftar lagu KPop yang wajib didengar sepanjang tahun 2011.

Prestasi itu semakin mengukuhkan Beast sebagai boyband yang tak hanya mementingkan penampilan, tetapi juga kualitas menyanyi. Tak hanya menyanyi lagu dengan beat cepat, mereka juga sanggup tampil prima dengan lagu balada.


Pada awal debut, boyband Beast disebut sebagai grup daur ulang (recycled group). Sebabnya beberapa personel Beast pernah bergabung dengan agensi dan boyband lain sebelum akhirnya berakhir bersama Beast.

Sang leader Yoon Doo Joon sudah lebih dulu dikenal karena sebelumnya ia adalah trainee di JYP Entertainment. Doo Joon berlatih bersama grup One Day untuk menjadi 2PM dan 2AM.


Seluruh proses training mereka diabadikan dalam dokumenter Mnet 'Hot Blood'. Sayang di akhir episode, Doo Joon harus tereliminasi. Ia pun gagal menjadi bagian dari 2PM ataupun 2AM.


Sementara Jun Hyung sudah lebih dulu debut bersama Kibum dan Kevin 'U-Kiss' dengan boyband Xing pada 2006. Namun Jun Hyung yang dikenal dengan nama Poppin' Dragon keluar pada 13 Januari 2008 dan bergabung dengan Cube Entertainment.


Kemudian Hyun Seung yang juga dikenal sebagai mantan calon personel Big Bang. Hyun Seung juga muncul dalam dokumenter proses training Big Bang. Ia bersama Seungri kemudian tereliminasi. Namun dalam penilaian terakhir, Seungri berhasil bergabung dengan Big Bang sementara Hyun Seung harus berhenti.


Terakhir Gi Kwang yang debut sebagai penyanyi solo dengan nama AJ (Ace Junior) pada 2 April 2009. Sebelum bergabung dengan Cube Entertainment, ia sempat training di JYP Entertainment selama 4 tahun. AJ juga pernah membuka showcase Lady Gaga di Korea sebelum akhirnya bergabung dengan Beast.

Dengan latar belakang seperti itu, tak heran jika istilah 'grup daur ulang' akhirnya muncul. Doo Joon pun mengaku sempat marah ketika pertama kali mendengar kata-kata tersebut.

Namun justru karena terbentuk dari trainee yang sudah berpengalaman, Beast menjadi matang saat debut. Aksi panggung maupun kemampuan bernyanyi mereka selalu mendapat pujian.

Saat pertama kali menang dalam program musik di televisi pun mereka tak bisa apa-apa selain menangis bahagia. "Kami terus menangis, tak akan terbayang oleh kalian. Berat trofi itu menyenangkan," sambung Dongwoon.

Setelah itu, Beast pun mulai sibuk. Mereka manggung di berbagai belahan dunia seperti Amerika, Inggris, Brazil, dan Sydney. Ditambah lagi penghargaan dari berbagai ajang di Korea dan Jepang. Beast is the best!

Beast saat ini sedang memulai tur dunia mereka dalam rangkaian 'BEAST Beautiful Show'. Mereka akan mengunjungi 14 negara dan 21 kota termasuk Jakarta pada 17 Maret mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar