Minggu, 31 Oktober 2010

Profil Girls' Generation (SNSD)


Girls’ Generation (SNSD)

Nama Lain:  SNSD, So Nyuh Shi Dae (Korean), ShōJo JiDai (Japanese), Shao Nü Shi Dai (Chinese), SoShi, GG
Label: SM Entertainment (South Korea), Universal Music Japan: Nayutawave Records (Japan)
Official Debut: 5 Agustus 2007 (di SBS Inkigayo)
Members: Taeyeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, Seohyun


Girls’ Generation (Korean: Hangul – 소녀시대; Hanja -  少女時代) adalah girlband yang beranggotakan 9 gadis-gadis cantik yang dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2007. Para anggotanya adalah Taeyeon (leader), Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun. Mereka sering disebut dengan SNSD, singkatan dari nama Korea mereka So-Nyeo Shi-Dae atau So-Nyuh Shi-Dae, nama China Shao Nü Shi Dai, nama Jepang ShōJo JiDai. Mereka juga disebut dengan SoShi yang juga merupakan singatan dari nama Korea mereka. Para penggemar mereka bernama S♥NE (소원) yang diucapkan “So-won” yang berarti “wish” dalam Korean.

Girls’ Generation melakukan debut pada tanggal 5 Agustus 2007 dengan single pertama “Into the New World”. Group ini telah merilis dua album dan berbagai single yang kemudian mencapai keberhasilan secara komersial. Pada tahun 2009 single “Gee” memegang rekor untuk lagu terlama yang berada di posisi #1 di KBS Music Bank, dalam 9 minggu. Tahun itu juga Grup ini memenangkan berbagai penghargaan, seperti Artist Of The Year (Daesang) Awards di Seoul Music Awards, Golden Disk Awards, Melon Music Awards, dan The Korean Cultural Entertainment Awards.

Para anggota Grup ini memiliki berbagai kegiatan karir solo — akting dalam berbagai video klip, drama, dan musikal; host dalam berbagai acara reality-variety shows; dan merilis single solo untuk soundtrack drama.

Mulai tahun 2007 hingga sekarang, SNSD telah menghasilkan 4 album dan tiga album mini, yaitu :
Album :
•    GIRLS’ GENERATION (1 November 2007)
•    BABY BABY (17 Maret 2008, repackage dari album GIRLS’ GENERATION)
•    OH! (28 Januari 2010)
•    RUN DEVIL RUN (22 Maret 2010, repackage dari album OH!)
Mini Album :
•    GEE (7 Januari 2009)
•    TELL ME YOUR WISH (GENIE) (29 Juni 2009)
•    HOOT (25 Oktober 2010)

SNSD | So Nyuh Shi Dae | Girls’ Generation | SoShi
Pre-debut

Para anggota dilatih secara profesional terutama dalam menyanyi dan menari, sementara beberapa anggota juga dipilih untuk dilatih dalam akting dan modeling. Banyak dari member yang sudah membuat nama untuk dirinya sendiri di industri hiburan Korea melalui partisipasi mereka dalam iklan majalah dan iklan televisi. Selama hampir dua tahun, situs Korea berspekulasi tentang mana dari trainee perempuan SM Entertainment yang akan dimasukkan ke dalam Grup. Sebelum nama Grup dirilis secara resmi, Girls’ Generation (Hangul: 소녀시대 | Hanja:  少女时代), diisukan bahwa Grup akan bernama "Super Girls".

2007: Debut and first album
Pada bulan Juli 2007, Girls' Generation melakukan performance pertama mereka di Inkigayo. Lagu yang mereka bawakan adalah “Into the New World” (Korean: 다시 만난 세계), yang mana menjadi single pertama mereka. Sebuah acara yang mendokumentasikan para gadis ini ketika debut yang berjudul "M. Net 's Girls Go To School" difilmkan selama waktu ini.


Pada Agustus 2007, single “Into the New World” dirilis. Single ini termasuk dua lagu lain, “Beginning” dan “Perfect for You” (Korean: 소원), yang kemudian diubah menjadi “Honey” untuk album debut mereka yang berjudul Girls’ Generation.

Grup ini mulai mempromosikan single segera setelah dirilis. Girls’ Generation membawakan single mereka di SBS’s Inkigayo, MBC’s Show! Music Core, dan di KBS’s Music Bank.

Setelah istirahat sejenak, album pertama Grup ini dirilis pada akhir musim gugur 2007, dengan single utama “Girls’ Generation” (Korean: 소녀시대), cover dari Lee Seung-Chul (Korean: 이승철). Ditandai dengan rutinitas tarian dan vokal, Girls' Generation menjadi Grup yang hit, dan album mereka telah terjual 121.143 buah sampai saat ini, menempatkan pada posisi 8 pada grafik akhir tahun. Pada awal 2008, Girls' Generation mulai mempromosikan single kedua mereka, “Kissing You“. Video musiknya menampilkan Donghae dari Super Junior. Lagu ini mencapai tempat # 1 dalam acara musik di tiga TV  utama — SBS Inkigayo, M.net M.Countdown! dan KBS Music Bank.


Pada bulan Maret 2008, album ini dirilis ulang dan berjudul Baby Baby. Sebuah single ketiga, “Baby Baby“, digunakan untuk mempromosikan album. Sebuah EP digital yang menampilkan Jessica, Tiffany, and Seohyun dirilis pada April 2008, yang berjudul Roommate. Single dari mini-album ini adalah “Oppa Nappa” (“Korean: 오빠 나빠”, harfiah “Bad Brother”).

2008–2009: Other activities, return with mini-albums
Diumumkan pada musim gugur 2008 bahwa Girls' Generation akan membintangi reality show di M. Net. Berjudul Factory Girl, acara yang menceritakan gadis-gadis yang bekerja magang di majalah fashion “Elle“. Program ini mulai ditayangkan pada awal October. Selama ketidakhadiran mereka dari dunia musik, mereka muncul di banyak iklan untuk MapleStory dan Mabinogi. Pada Januari 2009, mereka mengumumkan bahwa akan merilis mini album pertama yang berjudul Gee. Sebuah video teaser dirilis pada Januari 2009 dan single pertamanya “Gee” dirilis segera setelahnya. Lagu ini langsung menjadi lagu terpopuler di Cyworld pada hari berikutnya dan menempati urutan nomor satu di semua tangga lagu digital dalam dua hari berikutnya.


Grup ini mulai promosi album pada Januari 2009 di MBC Show! Music Core. Mereka menyanyikan single baru mereka, “Gee” dan “Him Nae/Way To Go“, lagu lain dari mini album Gee. Lagu ini merupakan remake dari lagu “Haptic Motion” yang digunakan dalam iklan ponsel (Samsung Anycall).

Di tangga lagu M.Net, "Gee" menjadi pemegang rekor lagu nomor satu yang bertahan paling lama (8 minggu) mengalahkan "Nobody" dari Wonder Girls (6 minggu). Girls' Generation menempati peringkat pertama 9 minggu berturut-turut dengan lagu "Gee", sekaligus memecahkan rekor acara di KBS Music Bank yang sebelumnya dipegang oleh Jewelry dengan "One More Time" (7 minggu berturut-turut). Mereka juga memenangkan penghargaan untuk lagu terlaris untuk semester pertama di tahun 2009 untuk lagu “Gee”. Promosi untuk lagu ini berakhir pada akhir Maret 2009.

Pada 3 Mei 2009, Girls’ Generation membintangi reality show baru mereka “SNSD Horror Movie Factory“, dengan episode perdana yang meraih rating pemirsa sebesar 3,3%. Acara ini kemudian dibatalkan setelah 6 episode karena rating rendah.

Setelah istirahat sejenak, SM Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan kembali dengan sebuah single baru dan menunjukkan konsep "Marine Girl" ; dengan lagunya yang berjudul “Sowoneul Malhaebwa (Genie)” (Korean: “소원을 말해봐”, harfiah “Tell Me Your Wish”), yang dirilis secara digital pada 22 Juni 2009.


23 Juni 2009, Girls’ Generation membintangi acara TV kabel yang berjudul “SNSD’s Hello Baby” dari KBS Joy, di mana mereka mengurus anak dan belajar untuk menjadi seorang ibu. Dalam acara itu, mereka mengurus anak laki-laki yang bernama “Cho Kyungsan” (Korean: “조경산”), dan setiap minggu mereka memilih “The Best Mom” dan “The Worst Mom” di antara para member sesuai dengan pekerjaan mereka untuk hari itu (dipilih oleh ayah atau tamu pria yang datang dari waktu ke waktu). Meskipun slot waktu tayangnya larut malam, tetapi acara itu menerima rating yang cukup tinggi dan telah diperpanjang beberapa episode. Acara ini berakhir pada 17 November  2009.

Pada 26 Juni 2009, Girls’ Generation comeback performance di KBS Music Bank. Kemudian di lanjutkan di MBC Music Core dan SBS Inkigayo pada 27 dan 28 Juni 2009. Mini album kedua Girls’ Generation “Genie” dirilis 29 Juni 2009. Di dalam mini album ini terdapat lagu duet antara Jessica dan Onew (SHINee) yang berjudul “One Year Later”.

Kemenangan pertama dari single mereka “Tell Me Your Wish (Genie)” diperoleh pada 10 Juli 2009 di KBS Music Bank. Kemenangan kedua mereka, diperoleh pada 12 Juli 2009 di SBS Inkigayo. Mereka selesai promosi untuk "Tell Me Your Wish (Genie)" pada bulan Agustus 2009.


Pada tanggal 7 Oktober 2009, Girls’ Generation, bersama dengan rekan satu labelnya f(x) merilis sebuah single digital berjudul “Chocolate Love” untuk edisi 4 seri ponsel LG CYON “Chocolate”. Girls’ Generation menyanyikan “Retro Pop Ver.” sementara f(x) menyanyikan “Electronic Pop Ver.


Pada bulan Juli, anggota yang dipilih, dipilih bersama anggota Super Junior, merilis lagu “S.E.O.U.L. Song“. Video musik dirilis sebagai bagian dari inisiatif pariwisata Korea Selatan.

2010: Second album and Japan debut
Pada awal 2010, Grup ini terpilih untuk menyanyikan logo baru SBS lagu “Naeireul Bomnida” (Korean: “내일을 봅니다”, “Looking at Tomorrow“).

Pada bulan Januari, SM Entertainment mengonfirmasi bahwa Girls' Generation akan merilis album keduanya, Oh! pada tanggal 28 Januari 2010. Singel utama dari album tersebut yang berjudul "Oh!" dirilis secara digital pada 25 Januari disusul dengan video klipnya yang dirilis dua hari setelahnya. Lagu tersebut langsung menduduki peringkat pertama dalam berbagai chart musik hanya dalam waktu beberapa saat setelah dirilis.


Pada 30 Januari, Grup ini memulai promosi dengan tampil di MBC Show! Music Core. Dengan lagu "Oh!", Girls' Generation berhasil memenangi K-Chart 5 minggu berturut-turut pada acara KBS Music Bank, serta 3 kali kemenangan di SBS Inkigayo. Video klip dari lagu tersebut juga sangat populer, terbukti dengan mendapat peringkat pertama sebagai video yang paling banyak ditonton pada tahun 2010 di Youtube Korea dan Hongkong, serta masuk jajaran 10 teratas di Taiwan dan Jepang.


Mulai dari 11 Maret 2010, foto-foto member yang dirilis secara online menampilkan konsep gelap, yang disebut “Black Girls’ Generation”. “Black SoShi” adalah julukan yang diberikan untuk konsep tersebut. Sebuah video teaser dirilis pada 16 Maret, dengan single baru "Run Devil Run" yang dirilis sebagai sebuah single digital pada 17 Maret. Video musik untuk “Run Devil Run” dirilis pada tanggal 17 Maret, dan mereka melakukan performance pertama di KBS Music Bank.


Mereka juga baru saja membuat sebuah lagu baru berjudul “CABI” untuk mempromosikan Teluk Karibia dengan 2PM. Yuri, Yoona, dan Seohyun adalah aktor utama yang masing-masing dipasangkan dengan anggota 2PM Nichkhun, Taecyeon, dan Chansung. Video musik dirilis di YouTube pada 20 Mei 2010.


Pertengahan Juni, diumumkan bahwa mereka telah menandatangani kontrak dan akan mulai bekerja di bawah Record label rekaman Universal Music Nayutawave Jepang untuk promosi mereka di Jepang, dengan single pertama mereka “Genie" yang diperkirakan akan dirilis pada bulan September 2010. Girls' Generation mulai promosi di Jepang pada bulan Agustus.


Single Jepang mereka “Genie“ berada di posisi #5 pada hari yang sama dengan peluncurannya di Oricon Charts dan kemudian naik ke posisi #2. Group ini juga menjadi nomor #1 di chart video musik  Japan iTunes’ dan no #2 di chart video musik harian Rekochoku. Dengan jumlah pre-order sebesar 80.000, single yang diperkirakan terjual sebanyak 45.000 eksemplar pada minggu pertama setelah rilis, memecahkan rekor untuk artis asing yang memulai debutnya di Jepang. Pada tanggal 20 Oktober 2010, mereka merilis single kedua mereka di Jepang, “Gee”. Girls' Generation juga meraih sukses di Jepang dengan single kedua mereka “Gee“.


Pada tanggal 27 Oktober 2010, SM Entertainment merilis mini album ketiga mereka yang berjudul Hoot. Single “Hoot” dirilis 25 Oktober 2010 di berbagai website situs musik online. Setelah merilis "Hoot" pada 25 Oktober, diperlukan waktu kurang dari 7 menit untuk "Hoot" mendominasi 7 besar chart musik Korea termasuk di antaranya Monkey3, Dosirak, Melon, Soridaba, Cyworld, Bugs dan Daum. SM Entertainment merilis MV Hoot pada tanggal 28 Oktober 2010 pada situs resmi mereka SM dan saluran Youtube. Di MV itu juga menampilkan anggota Super Junior Choi Siwon. Dalam waktu kurang dari 24 jam MV "Hoot" dilihat lebih dari 1 juta pemirsa di Youtube. Mereka melakukan performance pertama di KBS Music Bank pada 5 November 2010.


Credits: Wikipedia, Soshified, & various source



Tidak ada komentar:

Posting Komentar